Berbisnis Kue Bolu Berbasis Web
Karya Tulis Ilmiah
“Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Bahasa
Indonesia”
Oleh:
MUHAMMAD ZUHRI
2016140614
PROGRAM STUDI
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
PAMULANG
Tangerang Selatan
2018
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr.Wb.
Puji syukur
kehadirat allah swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga
penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan baik dan benar. Karya
tulis ini di ajukan untuk memenuhi tugas kuliah “Bahasa Indonesia” semester
genap tahun ajaran 2018 Universitas
Pamulang, judul karya tulis yang penulis ajukan adalah “BERBISNIS
KUE BOLU BERBASIS WEB”.
Dalam
penulis karya tulis ini, saya ucapkan terimakasih kepada “Dosen Bahasa Indonesia, Bunda
Kasih” yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah
pemahaman saya tentang Berbisnis Besar. Terimakasih pula saya ucapkan kepada
teman-teman yang telah membantu saya menyusun karya ilmiah ini.
Selanjutnya,
saya menyadari bahwa karya tulis ini tidak luput dari kekurangan. Oleh karena
itu penulis menerima segala kritik dan saran, semoga pada akhirnya makalah ini
bisa memberi manfaat bagi para pembaca. Amin.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb.
Parung Panjang, 28 Maret 2018
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................................................................... ii
DAFTAR TABEL ............................................................................................................ iv
DAFTAR GAMBAR ....................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................... 1
1.1
Latar Belakang ............................................................................................... 1
1.2 Identifikasi Masalah ....................................................................................... 1
1.3 Rumusan Masalah .......................................................................................... 1
1.4 Batasan Masalah ............................................................................................ 1
1.5 Tujuan ............................................................................................................ 2
1.6 Manfaat .......................................................................................................... 2
1.
Manfaat Teoritis
...................................................................................... 2
2.
Manfaat Praktis ....................................................................................... 2
1.7 Metode Penelitian .......................................................................................... 3
1.8 Sistematika Penulis ........................................................................................ 4
BAB
II KAJIAN TEORI ................................................................................................. 5
2.1 Hakikat Sistem ................................................................................................ 5
2.2 Hakikat Informasi ........................................................................................... 5
2.3 Hakikat Sistem Informasi ............................................................................... 6
2.4 Definisi Berbisnis Kue Bolu Berbasis Web .................................................... 7
2.5 Jenis-Jenis Kue Bolu ....................................................................................... 7
2.6 Sejarah Kue Bolu ............................................................................................ 7
BAB
III ANALISA DAN MODAL PERANCANGAN ............................................... 8
3.1 Penelitian Relevan Tentang Berbisnis Kue Bolu ............................................. 8
3.2 Sistem Berjalan ................................................................................................ 8
3.3 Sistem Usulan .................................................................................................. 8
3.4 Aspek Ekonomi dan Keuangan ....................................................................... 9
3.5 Penyusunan Laba dan Rugi Usaha .................................................................. 9
3.6 Alat-Alat Pembuatan Kue Bolu ...................................................................... 9
3.7 Laba dan Rugi ................................................................................................ 10
3.8 Perancangan Basis Data ................................................................................. 11
BAB
IV PEMBAHASAN PENELITIAN ..................................................................... 12
4.1
Sasaran/Tujuan Bisnis ..................................................................................... 12
4.2
Berdasarkan Analisis SWOT .......................................................................... 12
4.3
Strategi Pemasaran Bisnis Kue Bolu .............................................................. 13
4.4
Cara Membuat Kue Bolu ............................................................................... 14
BAB
V PENUTUP .......................................................................................................... 19
5.1
Kesimpulan ..................................................................................................... 19
5.2
Saran ............................................................................................................... 19
DAFTAR
PUSTAKA ..................................................................................................... 20
RIWAYAT
PENULIS .................................................................................................... 21
LAMPIRAN
– LAMPIRAN .......................................................................................... 22
DAFTAR TABEL
Tabel
1.1 Bahan-Bahan Membuat Kue Bolu .................................................................... 9
Tabel
1.2 Alat-Alat Pembuatan Kue Bolu ........................................................................ 9
DAFTAR GAMBAR
Gambar
1.1 Sistem Usulan ................................................................................................ 8
Gambar
1.2 Perancangan Basis Data ............................................................................... 11
Gambar
1.3 Kue Bolu
Cokelat ......................................................................................... 14
Gambar
1.4 Kue Bolu Keju ............................................................................................. 15
Gambar
1.5 Kue Bolu Pandan ......................................................................................... 16
Gambar
1.6 Kue Bolu Marmer ......................................................................................... 17
Gambar
1.7 Kue Bolu Kukus Pelangi .............................................................................. 18
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Peluang
bisnis yang menjadi persaingan global membuat saya tidak serta berdiam diri
dalam berinovasi, bisnis kecil yang akan saya geluti menjadi modal utama
membentuk spirit, kreativitas dan produktivitas. Perkembangan pasar bebas
adalah contoh dari persaingan saat ini yang menjadi berita hangat, maka dari
itu disini saya akan memberanikan diri untuk mengelola dari hasil bumi dalam
persaingan bisnis yang tak ada akhirnya. Saya akan mengembangkan bisnis kue bolu
(cookies) di Indonesia.
Nah
pertanyaannya mengapa berbisnis kue bolu? Dan mengapa di budidayakan di
Indonesia? Kue bolu merupakan salah satu makanan khas (camilan) yang disajikan
sebagian besar di Indonesia pada saat hari raya atau lebaran. Menjelang hari H
lebaran pemesanan kue bolu juga pastinya akan semakin bertambah. Bahan-bahan
dasar yang digunakan untuk membuat kue bolu juga harus memiliki nilai kandungan
gizi yang tinggi, seperti tepung terigu, mentega, gula, garam, telur, dan susu.
Yang masing-masing bahan nantinya akan di padu padankan atau dicampur untuk
dijadikan olahan makanan kue bolu itu sendiri.
Mengapa
mengembangkan usaha Kue bolu di Indonesia? Faktor utamanya karena saya tingal
di Indonesia, dan untuk lokasi dan lingkungannya juga sangat mendukung, serta
masyarakat di Indonesia pada umumnya banyak yang menyukai kue bolu sebagai
camilan atau teman beraktifitasnya. Usaha Kue bolu ini saya budidayakan untuk
menggali potensi saya dalam mengembangkan bisnis didunia kerja dengan bantuan
teknologi.
1.2
Identifikasi Masalah
1.
Bagaimana
sejarah pendirian usaha?
2.
Bagaimana
cara mengatur keuangan pada saat berbisnis kue bolu?
3.
Bagaimana
cara berwirausaha yang benar?
1.3
Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara berbisnis kue bolu?
2. Bagaimana cara memasarkan produk kue bolu?
3. Bagaimana cara pembuatan kue bolu dan apa saja
bahan-bahan untuk membuat kue bolu?
1.4
Batasan Masalah
Untuk lebih
terarahnya penelitian ini dan mendalam tentang inti permasalahan, maka penulis
membatasi pembahasan ini kepada pengembangan dan penjualan usaha kue bolu berbasis
web.
1.5
Tujuan
Adapun tujuan penelitian ini
dilakukan adalah:
1.
Untuk mengetahui pelaksanaan
pengembangan dan penjualan usaha kue bolu.
2.
Untuk mengetahui apa saja faktor
pendukung dan penghambat usaha kue bolu.
3.
Untuk mengetahui tinjauan teknologi
tentang pengembangan dan penjualan usaha kue bolu.
1.6
Manfaat
1.
Manfaat Teoritis
Secara teoritis,
makalah ini diharapkan dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai sumber
informasi dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses
pembelajaran terutama dalam berbisnis kue bolu. Selain itu juga makalah ini diharapkan dapat
bermanfaat sebagai bahan referensi dalam membuat kue bolu yang enak dan lezat.
2. Manfaat Praktis
Secara praktis
penelitian ini dapat bermanfaat
:
·
Manfaat Bagi Penulis
Manfaat karya ilmiah
ini bagi penulis yaitu dapat mengembangkan kemampuan dalam menyusun karya ilmiah serta meningkatkan wawasan mengenai Berbisnis Kue Bolu berbasis web.
·
Manfaat Bagi Pembaca
Manfaat karya
ilmiah ini bagi pembaca yaitu dapat dijadikan sumber
informasi dan referensi mengenai cara-cara
membuat kue bolu dengan resep yang benar dan juga menghasilkan kue bolu dengan
citra rasa yang enak.
·
Manfaat Bagi Lembaga
Manfaat karya ilmiah ini bagi
lembaga atau instansi pemerintah yaitu dapat dijadikan sumber informasi untuk
kalangan masyarakat dan juga mahasiswa yang ingin membuat kue bolu.
·
Manfaat Bagi Penelitian Lain
Manfaat karya ilmiah ini bagi
penelitian lain yaitu dapat memberikan motivasi serta menerapkan ilmu berbisnis
kue bolu sehingga orang tersebut dapat membuat kue bolu dengan citra rasa yang
enak.
1.7
Metode Penelitian
1. Lokasi Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, (field research) yang
dilakukan di Kecamatan Parung Panjang yang terdiri dari 11 Desa. Tetapi dalam
penelitian ini penulis membatasi lokasi penelitian menjadi dua desa saja yaitu
desa Cibunar dan desa Kabasiran agar hasilnya valid. Di karenakan disana
Penulis memilih lokasi di desa Cibunar dan desa Kabasiran banyak terdapat usaha
Kue Bolu. Dan penulis melihat kurangnya perhatian pemerintah dalam
mengembangkan usaha ini, terutama dalam pengembangan dan penjualan usaha Kue
Bolu.
2. Subjek dan Objek Penelitian
a. Subjek
dalam penelitian ini adalah pengusaha kue bolu.
b. Objek
penelitian ini adalah pengembangan dan penjualan usaha kue bolu.
3. Populasi dan Sampel
Adapun
jumlah populasi penelitian ini tidak diperoleh data pastinya dari pihak desa/
kelurahan. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, terdapat 10
tempat usaha Kue Bolu. sedangkan sample yang diambil menggunakan teknik
purposive sampling. Dimana sample yang diambil berjumlah 5 tempat usaha yaitu sample
yang dipilih secara cermat dengan mengambil orang atau objek penelitian yang
selektif dan mempunyai ciri-ciri spesifik.
4. Sumber Data
Sumber data
dalam penelitian ini adalah:
a.
Data Primer
Data Primer, yaitu data yang secara
langsung diambil dari pengusaha Kue Bolu.
b.
Data Sekunder
Data Sekunder yaitu data yang
diperoleh dari buku-buku ataupun referensi lainnya yang memiliki relevansi
dengan pembahasan yang penulis teliti pada saat ini.
5. Teknik Pengumpulan
Data Untuk
mengumpulkan data yang di perlukan, maka penulis menggunakan beberapa metode,
yaitu:
a.
Observasi yaitu cara pengumpulan
data yang penulis lakukan dengan mengamati gejala dan fenomena yang terjadi di
lapangan.
b.
Wawancara yaitu merupakan suatu cara
mengumpulkan data dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan kepada subjek.
c.
Angket yaitu dengan cara membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan keperluan penelitian yang diajukan pada
sumbernya.
d.
Studi Pustaka yaitu buku-buku yang
berhubungan dengan keperluan penelitian.
6. Metode Analisis Data
Metode analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisa Deskriptif Kualitatif yaitu
menganalisa data-data berdasarkan persamaan jenis data tersebut, kemudian di
uraikan antara suatu data 12 dengan data lainnya. Sehingga diperoleh gambaran
umum yang utuh tentang masalah yang diteliti.
7. Teknik Penyajian Data
a.
Metode Deduktif, yaitu mengumpulkan
data-data umum kemudian dianalisa dan di uraikan secara khusus.
b.
Metode Deskriptif, yaitu
mengumpulkan data dan keterangan kemudian dianalisa hingga disusun sebagaimana
yang dikehendaki dalam penelitian ini.
1.8
Sistematika Penulis
Untuk memudahkan uraian dalam penulisan ini maka penulisan sistematika penulisan
sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam Bab 1 ini terdiri dari latar belakang, identifikasi masalah, rumusan masalah,
batasan masalah, tujuan, manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulis.
BAB II KAJIAN TEORI
Dalam Bab 2 ini penulis menerangkan tentang hakikat sistem, hakikat
informasi, hakikat sistem informasi, definisi berbisnis kue bolu berbasis web,
jenis-jenis kue bolu dan sejarah kue bolu.
BAB III ANALISA DAN MODAL PERANCANGAN
Dalam Bab 3 akan di uraikan tentang penelitian relevan/sejenis, aspek
ekonomi dan keuangan, penyusunan laba dan rugi usaha, alat-alat pembuatan kue
bolu, laba dan rugi, perancangan basis data.
BAB IV HASIL PENELITIAN
Dalam Bab 4 ini diuraikan tentang sasaran/tujuan bisnis, analisis SWOT,
strategi pemasaran bisnis kue bolu, cara pembuatan kue bolu serta bahan-bahan
untuk membuat kue bolu.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab 5 ini penulis memberikan kesimpulan dari hasil penelitian dan
selanjutnya memberikan saran-saran yang ditunjukan untuk perbaikan-perbaikan kondisi
penulisan yang akan datang.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1
Hakikat
Sistem
Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang
digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem berasal dari
bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah
suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.
Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang
berinteraksi, dimana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang
saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item
penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan
dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan
sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu
rakyat yang berada dinegara tersebut.
2.2 Hakikat Informasi
Informasi adalah Sekumpulan data/fakta yang diorganisasi atau diolah
dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah
diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat
memberikan keterangan atau pengetahuan. Dengan demikian yang menjadi sumber
informasi adalah data. Informasi dapat juga di katakan sebuah pengetahuan
yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.
Contoh informasi:
dokumen dalam Microsoft exel, berbentuk spreadsheet seringkali digunakan untuk
membuat sebuah informasi dari data yang terdapat di dalamnya, seperti laporan
untung, rugi dan neraca adalah bentuk informasi dan angka yang terdapat di
dalamnya adalah data.
2.3 Hakikat Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah data yang
dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah
satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga
menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya. Atau dalam
pengertian lainnya, Sistem Informasi merupakan kumpulan elemen yang saling
berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk
mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan
informasi.
Perkembangan Sistem Informasi meliputi Sistem Informasi Tradisional
yaitu suatu sistem informasi yang dioperasikan dan dikelola secara semi-manual.
SI beroperasi secara lambat sehingga pengambilan keputusan sering berdasarkan
data asumsi/perkiraan. lalu Sistem Informasi Berbasis Komputer yaitu
Penggunaan teknologi komputer untuk mendukung penciptaan SI sehingga
waktu menghasilkan informasi lebih singkat dengan tingkat keakuratan yang
tinggi, dan mengurangi birokrasi. lalu Sistem Informasi Berbasis Jaringan
Perkantoran yaitu sistem informasi dengan jaringan komputer perkantoran
untuk membuka sejumlah tempat transaksi, dan laporan dapat diperoleh secara
on-line.
Sistem Informasi Lintas Platform yaitu sistem informasi
dengan teknologi internet yang dapat menghubungkan komputer di seluruh dunia
untuk kegiatan bisnis, dikenal dengan istilah e-Business. Suatu sistem
informasi pada dasarnya terbentuk melalui suatu kelompok kegiatan operasi yang
tetap, yaitu: Mengumpulkan data, mengelompokkan data, menghitung, menganalisa
dan menyajikan laporan.
2.4 Definisi Berbisnis Kue Bolu Berbasis Web
Kata
Berbisnis sering kali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, dimana dalam
berbisnis ini kita dapat memperoleh hasil keuntungan yang lumayan cukup besar
walaupun terkadang kita merasa rugi juga, kemudian keuntungan yang kita dapat
itu tergantung dari upaya dan kerja keras kita. Dan disini saya akan berbisnis
kue bolu berbasis web yaitu berbisnisnya dengan cara menggunakan web, kemudian
jika pelanggan kita ingin memesan kue bolu, langsung saja memesannya melalui
web yang sudah dibuat.
2.5 Jenis-Jenis Kue Bolu
Ø Kue Bolu Cokelat
Ø Kue Bolu
Pandan
Ø Kue Bolu
Keju
Ø Kue Bolu
Marmer
Ø Kue Bolu
Kukus Pelangi
2.6 Sejarah Kue Bolu
Bolu
atau kue bolu (bahasa Inggris : cake) yaitu kue memiliki bahan basic tepung
(biasanya tepung terigu), gula, serta telur. Kue bolu serta cake biasanya
dimatangkan lewat cara dipanggang didalam oven, meskipun ada juga bolu yang
dikukus, umpamanya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan
susunan (icing) dari cream mentega (butter cream), fondant, atau marzipan
dimaksud kue tart (kue tarcis).
Cake
berhias (kue tart) atau tiada hiasan dipakai untuk makanan penutup atau
hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi
pernikahan ala Barat serta pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart
adalah satu diantara acara. Di Indonesia, nasi tumpeng kerap menukar peran cake
untuk makanan istimewa dalam beragam upacara peringatan. Acara pemotongan kue
juga kerap digantikan acara pemotongan tumpeng.
Cake
memiliki ukuran besar dengan wujud persegi empat atau bundar ditujukan untuk
dipotong-potong saat di jual atau di sajikan. Kue bolu yang digulung serta
diisi cream mentega atau selai dimaksud bolu gulung. Beragam jenis puding juga
memakai bahan basic potongan kue bolu yang ditempatkan di basic loyang sebelum
saat disiram dengan agar-agar.
BAB III
ANALISA DAN MODAL PERANCANGAN
3.1 Penelitian Relevan Tentang Berbisnis Kue Bolu
Penelitian yang saya lakukan ini
dilakukan secara langsung datang ke lokasi tempat pembuatan kue bolu,
selanjutnya saya akan mencari sumber data dimana sumber data ini ada 2 bagian
yaitu sumber data primer dan sekunder. Misalnya sumber data primer yaitu sumber
data yang diperoleh langsung dari tempat usaha kue bolu tersebut sedangkan
sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari buku-buku atau
referensi yang terdapat pada tempat usaha kue bolu tersebut. Kemudian saya juga
menggunakan metode teknik pengumpulan data dimana teknik ini untuk mengumpulkan
data dalam penelitian yang saya lakukan. Teknik pengumpulan datanya meliputi :
Observasi, Wawancara, Angket dan Studi Pustaka.
3.2 Sistem Berjalan
Sistem penjualan pada toko kue ini dilakukan secara online.
Karyawan yang terlibat ada 10 orang yang terdiri dari kasir, staf pengadaan barang,
koki, dan manajer. Proses bisnisnya adalah pelanggan melakukan pemesanan kue melalui
web yang sudah dibuat oleh programer. Pelanggan membayar transaksi tersebut melalui
website dan pelanggan itu sendiri dapat mencetak struk pembelian. Pada sistem
online ini memudahkan pelanggan untuk mengakses website yang sudah kami buat,
lalu pelanggan juga dapat memesan kue secara online dengan nyaman tanpa perlu
mengkhawatirkan proses pemesanan yang dilakukan oleh admin kami.
3.3 Sistem Usulan
|
Gambar 1.1
3.4 Aspek Ekonomi dan Keuangan
Dalam usaha
ini modal berasal dari pemilik usaha. Modal berupa alat dan bahan, berupa bahan
yang di keluarkan setiap harinya dengan biaya tertentu.
3.5 Penyusunan Laba dan Rugi Usaha
Usaha: Kue Bolu
Modal yang
dibutuhkan:
Bahan-bahan
setiap harinya:
Ø Telur @ 4 x
Rp. 2.000 Rp.
8.000,-
Ø Gula ¼ kg Rp.
4.000,-
Ø Terigu ¼ kg Rp.
2.500,-
Ø Susu putih kental manis Rp.
1.000,-
Ø Sp Rp. 2.000,-
Ø Mentega Rp.
2.500,-
Ø Mesis Rp.
3.000,-
Ø Keju Rp.
2.500,-
Ø Pandan Rp.
2.500,-
Perkiraan
membuat 5 kue bolu/hari =
Rp.28.000 / hari (1 bolu)
Modal dalam
1 bulan: =
Rp. 28.000 x 5 bolu x 30 hari
=
Rp. 4.200.000,-
3.6 Alat-Alat Pembuatan Kue Bolu
Alat-alat yang
digunakan:
1.
Listrik/bulan Rp.
50.000,-
2.
Loyang @ 2 x
Rp. 25.000/bulan Rp.
50.000,-
3.
Gas @ 1 x
Rp. 20.000 Rp.
20.000,-
4.
Kompor gas 2
tunggku Rp.
320.000,-
5.
Oven Rp.
350.000,-
6.
Mixer Rp.
400.000,-
Total jumlah
alat-alat Rp.
1.190.000,-
Ket:
(Setiap hari
dijual 5 bolu): 5 hari x Rp. 40.000 = Rp. 200.000,- (per hari)
Dalam 1
bulan: Rp. 200.000 x 30 hari = Rp. 6.000.000
Modal bahan
dan peralatan jika disatukan: = Rp. 5.390.000 -
Keuntungan
yang di dapatkan = Rp. 610.000,-
Perkiraan
pendapatan dalam 1 bulan = Rp. 610.000,-
3.7 Laba dan Rugi
Pendapatan:
Rp. 610.000
Beban usaha:
Beban
listrik Rp.
50.000,-
Beban gas Rp.
20.000,-
Beban
penyusutan peralatan Rp.
30.000,- (dibulatkan)
(2,5% x Rp.
1.190.000)
Jumlah beban
usaha: Rp.
100.000,-
Laba usaha = Rp. 610.000 - 100.000
= Rp.
510.000,-
Jadi,
perkiraan balik modal dalam usaha adalah: Rp. 5.390.000 : 510.000
yaitu kurang
lebih sekitar 8 bulan balik modal dalam usaha.
3.8 Perancangan Basis Data
Gambar 1.2
BAB IV
PEMBAHASAN PENELITIAN
4.1 Sasaran/Tujuan Bisnis
Sasaran
Bisnis saya mengacu pada kesehatan, perekonomian, dan pemasaran.
Ø Dalam Aspek
Kesehatan.
Bisnis yang
di kembangkan ini tidak hanya memberikan layanan dan membangun hubungan pada
konsumen tetapi juga memberikan peranan penting yaitu untuk kesehatan, kue bolu
dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang bergizi, seperti tepung terigu,
mentega, gula, garam, telur, susu dan lain-lain sebagainya.
Ø Dalam Aspek
Perekonomian
Disini
terkesan oleh usaha penjual kerupuk, saya dapat mengambil pelajaran dengan
berusaha memberikan kelebihan dan rasa syukur, dengan penghasilan yang tidak
seberapa kita bisa mengurangi pengangguran yang menjadi masalah di Indonesia
saat ini, walaupun dari usaha yang sangat kecil dengan semangat yang mendukung
dapat mengarahkan kita ke bisnis yang lebih berkembang.
Ø Dalam Aspek
Pemasaran
Pemasaran
produk tidak hanya di wilayah Indonesia saja, bahkan perluasan sampai ke
mancanegara serta perluasan produk dengan Via Online. Konsumen yang menjadi
sasaran pasar usaha kue bolu adalah masyarakat umum, serta pengusaha kuliner
kue yang menyediakan kue bolu sebagai camilan untuk para konsumennya.
Pemasaaran tidak hanya dalam negeri saja tetapi dapat mendistribusikan kue bolu
hingga ke luar negeri karena permintaan dari luar negeri yang masih sangat
besar peluangnya.
4.2 Berdasarkan Analisis SWOT
Ø Strenghts (Kekuatan)
Bisa lebih
berinovasi dalam mengembangkan produk ini. Jangan takut menambahkan cita rasa
dan mengubah bentuk kue dari yang biasa dijual, sehingga membuat kreasi kue
baru.
Ø Weakness (Kelemahan)
Bahan baku pembuatan kue bolu yang harganya tidak
stabil. Cenderung naik turun. Dalam usaha ini cenderung di katakan usaha
musiman.
Ø Opportunities
(Peluang)
Banyaknya
orang yang menyukai kue bolu. Banyak varian rasa yang di tawarkan serta bentuknya
yang dapat menarik pelanggan.
Ø Threats
(Ancaman)
Dalam
menjalankan bisnis ini harus memperhitungkan waktu dengan cermat. Banyaknya
orang yang ikut campur dalam bisnis ini. Hasil produk ini tidak tahan lama.
4.3 Strategi
Pemasaran Bisnis Kue Bolu
Ø Menciptakan Loyalitas Konsumen
Kemampuan
konsumen untuk membedakan mana produk yang benar-benar berkualitas dan manakah
produk yang kurang berkualitas akan semakin meningkat. Oleh karena itu dapat
memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen, agar mereka semakin loyal
dengan produk kue bolu yang kita tawarkan. Semakin loyal konsumen yang kita
miliki, maka semakin besar pula peluang kita untuk memenangkan persaingan
pasar.
Ø Menentukan Target Pasar
Untuk
menghadapi persaingan yang semakin ketat di tahun yang akan datang, kita dapat
menentukan target pasar yang ingin kita bidik. Kita memposisikan diri kita
dengan menjadi seorang expert di segmen tersebut, dan melakukan inovasi secara
berkala agar produk maupun jasa yang kita tawarkan sulit diduplikasi pesaing
lainnya.
Ø Menawarkan Produk yang Inovatif
Untuk
mengobati kebosanan konsumen akan produk-produk yang monoton, kita akan mencoba
untuk menawarkan produk unggulan yang unik dan menarik. Dan memberikan nilai
lebih pada produk yang kita tawarkan, karena produk tersebut merupakan alat
promosi yang akan membantu pemasaran bisnis kita.
Ø Memanfaatkan Marketing Online
Online
Kemajuan teknologi dan peningkatan jumlah pengguna internet semakin meningkat
menunjukan peningkatan yang cukup drastis. Karena itu manfaatkan momen tersebut
dengan memperluas pemasaran yang dulunya hanya offline, kini mulai menambah
pemasaran secara online.
Ø Memperhatikan Image
Produk di
Pasaran Perkembangan Teknologi akan strategi pemasaran memudahkan para konsumen
untuk menyuarakan penilaian mereka terhadap sebuah produk. Jadi, kita akan
memperhatikan kualitas produk yang kita tawarkan dan memastikan para konsumen
kita merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan. Hal ini untuk
mengantisipasi munculnya image buruk di kalangan masyarakat.
Ø Melakukan Pendekatan Konsumen
Melalui
Berbagai Media Social Untuk menjalin hubungan baik dengan para konsumen, kita
dapat memanfaatkan berbagai media social seperti facebook, twitter, instagram, blog,
atau website untuk menyapa mereka. Kita mengusahakan untuk selalu
berkomunikasi aktif dengan konsumen, agar kedekatan antara konsumen dan pemasar
semakin meningkat.
Ø Mulai Mencoba Mobile Marketing
Selain
internet marketing, salah satu sarana promosi yang dapat kita manfaatkan yaitu
melalui mobile marketing. Melihat saat ini handphone bisa dimiliki semua orang,
maka tidak ada salahnya jika kita memasarkan produk melalui telepon selular.
Strategi ini sudah mulai dilakukan para pengusaha di Indonesia, mereka
mengiklankan bisnisnya melalui kerjasama dengan provider-provider selular yang
cukup dikenal masyarakat.
Ø Memulailah dari Pasar Lokal
Sebelum
menjamah pasar yang lebih luas, kita memulai dengan memasarkan produk di
lingkungan sekitar kita. Meskipun pasar kita masih terbatas, namun jika digarap
dengan optimal akan memberikan hasil yang tidak kalah besar dari pasar regional
maupun nasional.
Ø Hemat Biaya Promosi dengan Menjalin
Kemitraan
Menjalin
kemitraan dengan perusahaan lain menjadi salah satu trend marketing yang akan
kita jalankan, sekaligus dapat membantu kita untuk menghemat biaya promosi.
4.4 Cara Membuat Kue Bolu
Kue Bolu Cokelat
Gambar 1.3
Bahan :
- 1/4 kg mentega
- 3/8 kg gula halus
- 3 1/2 ons tepung terigu
- 1/2 coklat bubuk
- 1/2 sendok makan ovalet
- 5 sendok makan susu bubuk putih
- 12 butir telur
- 2 bungkus vanili kecil
Cara Membuat Kue Bolu Cokelat :
Gambar 1.3
Bahan :
- 1/4 kg mentega
- 3/8 kg gula halus
- 3 1/2 ons tepung terigu
- 1/2 coklat bubuk
- 1/2 sendok makan ovalet
- 5 sendok makan susu bubuk putih
- 12 butir telur
- 2 bungkus vanili kecil
Cara Membuat Kue Bolu Cokelat :
·
Pisahkan telur (kuning dan putih) pada tempat yang
berbeda, putih telur bisa ditempatkan di dalam mangkok, sedangkan kuning telur
bisa tetap berada di dalam cangkang telur.
·
Masukkan mentega, gula halus, vanili dan ovalet ke
dalam baskom, kemudian mixcer dengan kecepatan tinggin selama 10 menit atau
hingga adonan mengembang.
·
Setelah mengembang, campurlah adonan tersebut dengan
kuning telur yang dimasukkan satu persatu ke dalam baskom ( adonan harus tetap
di mixcer terus menerus selama kuning telur dimasukkan ) selama 10 menit.
·
Setelah selesai, kemudian masukkan tepung terigu
sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk hingga rata.
·
Masukkan susu bubuk sedikit demi sedikit ke dalam
adonan, aduk hingga rata.
·
Masukkan coklat bubuk sedikit demi sedikit ke dalam
adonan, aduk hingga rata.
·
Mixcer putih telur yang telah dipisahkan sebelumnya
selama 5 menit, kemudian masukkan putih telur yang telah di mixcer ke dalam
adonan, lalu di mixcer lagi selama 10 menit hingga adonan rata dan
mengembang.
·
Setelah selesai, masukkan adonan tersebut ke dalam
loyang, kemudian panggang dalam oven selama kurang lebih 40 menit dengan suhu
25 derajat celcius.
·
Angkat dan dinginkan, kue bolu coklat siap untuk
dihidangkan.
Kue Bolu
Keju
Gambar 1.4
Bahan :
- 8 butir kuning telur
- 4 butir putih telur
- 200 gram tepung terigu
- 125 gram mentega, cairkan
- 100 gram gula kastor
- 100 gram keju parut
- 6 lembar keju kraft
- 4 buah cherry
Cream :
- 75 gram whipped cream
- 50 gram mentega putih
- 50 cc air dingin
Cara Membuat Cream :
Mixer semua bahan cream dengan
kecepatan tinggi
Cara Membuat Kue Bolu Keju :
·
Kocok telur dan gula hingga mengembang, kemudian
masukkan mentega cair dan gula hingga mengembang. Aduk rata hingga bahan
tercampur dan mengembang.
·
Setelah itu tuang kedalam loyang, dan masukkan ke
dalam oven dengan api sedang.
·
Setelah kue bolu berwarna kecoklatan, angkat dan
dinginkan.
·
Belah kue bolu menjadi 2 bagian, letakkan keju lembaran
ke dalamnya, tutup kue bolu dan olesi dengan cream dan taburi dengan keju
parut.
·
Setelah itu hias dengan cherry merah diatasnya.
·
Kue bolu keju siap untuk dihidangkan.
Kue Bolu
Pandan
Gambar 1.5
Bahan :
- 100 gram mentega, lelehkan
- 120 gram tepung terigu protein rendah
- 75 gram gula pasir (untuk putih telur)
- 50 gram gula pasir, yang butirannya lembut (untuk kuning telur)
- 30 ml air daun suji
- 5 kuning telur
- 5 putih telur
- 1/2 sendok teh cream of tartar
- 1/2 sendok teh garam
Cara Membuat Kue Bolu Pandan:
- 120 gram tepung terigu protein rendah
- 75 gram gula pasir (untuk putih telur)
- 50 gram gula pasir, yang butirannya lembut (untuk kuning telur)
- 30 ml air daun suji
- 5 kuning telur
- 5 putih telur
- 1/2 sendok teh cream of tartar
- 1/2 sendok teh garam
Cara Membuat Kue Bolu Pandan:
·
Kocok kuning telur dan 50 gram gula pasir hingga
kental, kemudian masukkan tepung terigu sambil di ayak, setelah itu tambahkan
mentega yang telah di lelehkan dan air daun suji, lalu aduk hingga rata.
·
Kocok putih telur, cream of tartar dan garam hingga
setengah mengembang, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di
kocok hingga mengembang.
·
Tuang adonan putih telur ke dalam adonan tepung terigu
sedikit demi sedikit sambil di aduk secara perlahan-lahan.
·
Tuang adonan tersebut ke dalam loyang, lalu kukus
selama 50 menit hingga air mendidih, kemudian angkat dan dinginkan.
·
Potong-potong
sesuai selera, dan bolu pandan siap untuk dihidangkan.
Kue Bolu
Marmer
Gambar 1.6
Bahan :
- 150 gram tepung terigu
- 150 gram mentega
- 100 gram gula pasir
- 3 butir telur (putih dan
kuningnya)
- 5 butir kuning telur
- 1 sendok teh ovalet
- 1 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam halus
- 1/2 sendok teh pasta coklat
- 1/2 sendok makan coklat bubuk
Cara Membuat Kue Bolu Marmer:
·
Campur tepung terigu dengan baking powder, lalu aduk
hingga rata, kemudian sisihkan.
·
Kocok mentega, gula pasir dan garam hingga lembut dan
ringan.
·
Di tempat terpusah, kocok telur hingga mengembang,
kemudian tambahkan ovalet, lalu kocok hingga adonan mengembang kaku.
·
Tuang kocokan telur ke dalam kocokan margarin, lalu
aduk hingga rata, kemudian tambahkan campuran tepung terigu, aduk dengan mixer
kecepatan sedang, hingga adonan tercampur rata.
·
Ambil 2 sendok sayur adonan, setelah itu masukkan
pasta coklat dan coklat bubuk, kemudian aduk hingga rata.
·
Siapkan loyang yang telah diolesi mentega sebelumnya,
lalu tuang adonan cake hingga separuh dari tinggi loyang, setelah itu ratakan.
Tuang adonan coklat pada bagian tengah adonan, lalu tutup atas adonan tersebut
dengan adonan putih hingga loyang hampir penuh.
·
Ambil garpu, aduk secara memutar pada adonan tersebut,
agar adonan coklat di bagian tengah teraduk dan membentuk motif marmer.
·
Panggang adonan ke dalam oven dengan suhu 180 derajat
celcius selama 40 menit atau hingga cake matang, kemudian angkat.
·
Keluarkan cake dari loyang, dan potong-potong sesuai
selera.
·
Bolu marmer siap untuk dihidangkan.
Kue Bolu
Kukus Pelangi
Gambar 1.7
Bahan :
- 6 butir telur
- 200 gram gula pasir
- 200 gram tepung terigu
- 80 ml santan kental
- 50 ml minyak sayur
- 1 sendok makan emulsifier
- 1/2 sendok teh garam
- pewarna makanan, merah, hijau,
kuning, coklat secukupnya
Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi:
·
Mixer telur, gula, emulsifier dan garam hingga adonan
berwarna pucat dan kaku, kemudian tambahkan tepung terigu, lalu aduk rata
secara perlahan-lahan.
·
Tambahkan santan dan minyak sayur, lalu aduk rata
dengan spatula.
·
Kemudian bagi adonan menjadi 4 bagian, satu bagian di
beri warna merah, satu bagian warna hijau, satu bagian warna kuning, dan satu bagian
lagi berwarna coklat.
·
Siapkan loyang yang telah diolesi mentega sebelumnya
yang telah dialasi kertas roti, setelah itu tuanglah adonan berwarna hijau,
kukus selama 10 menit, sebelum 10 menit sebaiknya tutup kukusan jangan dibuka
dahulu, agar cakenya mengembang dengan sempurna.
·
Setelah 10 menit masukkan lapisan yang berwarna merah,
kukus lagi selama 10 menit, kemudian lapisan berwarna kuning selama 10 menit,
dan 10 menit terakhir lapisan coklat.
·
Setelah tercampur semua warnanya, kukus cake selama 30
menit hingga benar-benar matang.
·
Angkat dan cake siap untuk dihidangkan.
BAB V
PENUTUP
5.1
KESIMPULAN
Dalam usaha pasti memerlukan proses pembelajaran dari berbagai pengalaman
usaha yang sudah di jalankan agar dapat memetik pelajaran dari usaha
sebelumnya, sehingga dapat mengembangkan usaha dengan lebih baik lagi dan dapat
berjalan dengan lancar. Dan dalam usaha asal ada kemauan dan keinginan serta
kerja keras untuk berusaha pasti bisa melakukannya. Di sisi lain kita juga
harus bisa melihat peluang yang ada seperti segmentasi produk tepat, target
pasar sesuai dan lain-lain.
5.2
SARAN
Jangan pernah malu jika ingin memulai usaha baru, walaupun dari usaha
kecil-kecilan karna dari proses usaha kecil itu kita dapat mengambil pelajaran
sehingga dengan pelajaran itu dapat mengembangkan usaha tersebut akan tumbuh
dan berkembang menjadi lebih baik lagi.
DAFTAR PUSTAKA
M. Suyanto.
2005. 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang. Penerbit Andi Yogyakarta M.
Suyanto. 2007.
RIWAYAT PENULIS
I.
Data Pribadi
Nama :
Muhammad Zuhri
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 21 Februari 1998
Status :
Belum Menikah
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama :
Islam
Alamat :
Kp. Cibunar Koko No.47 RT 05 RW 01 Kel. Cibunar,
Kec. Parung Panjang, Kab. Bogor (16360)
No. Telepon : 082-213-787-008
E-mail :
m.zuhri13@gmail.com
II.
Pendidikan
2016 – Sekarang : Universitas Pamulang, Viktor
2013 – 2016 : SMK Bina Putra Mandiri
2010 – 2013 : SMPN 01 Parung Panjang
2004 – 2010 : SDN 02 Parung Panjang
III.
Magang Kerja
·
Januari – Maret
2014 Prakerin di SDN 02 Parung Panjang
·
Januari – Maret
2015 Magang di Depnakertrans RI, Jakarta Selatan
IV.
Pengalaman Kerja
·
Mei – Agustus
2016 Bekerja di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Jakarta Pusat
V.
Keahlian Komputer
Microsoft Office Word, Excell,
Powerpoint dan Access
Parung Panjang, 28 Maret 2018
Penulis
LAMPIRAN – LAMPIRAN
0 komentar:
Posting Komentar