Muhammad Zuhri

Teknik Informatika

Kamis, 11 Oktober 2018

TUGAS PENDAHULUAN PERTEMUAN XIV MYSQL GUI TOOLS


PERTEMUAN XIV
MYSQL GUI TOOLS

TUGAS PENDAHULUAN
1.      1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Web Server dan phpMyAdmin!
2.      2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan aplikasi client-server!
3.      3. Jelaskan perbedaan dari aplikasi berbasis GUI dan Command Line!
4.      4. Jelaskan perbedaan dari database yang bersifat Stand Alone dan Server!
Jawaban
1.      1. Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada client yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (mozilla firefox, chrome, uc browser, opera mini, safari) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman.
phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui website jejaring jagat jembar (World Wide Web).
2.      2. Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya.
3.      3. Aplikasi berbasis GUI adalah sebuah tipe aplikasi antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, icon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse. Sedangkan aplikasi berbasis CLI (Command Line Interface) adalah sebuah tipe aplikasi antarmuka dimana pengguna/user berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal.
4.      4. Database bersifat stand alone yaitu aplikasi database yang hanya berjalan disatu komputer dan hanya mampu diakses oleh satu orang dalam satu waktu. Sedangkan, database server yaitu aplikasi database ini berbasis client-server, jadi bisa digunakan oleh banyak user dalam waktu dan dalam tempat yang berbeda. Aplikasi database server yang sering digunakan adalah MySQL, MSQL, SQL Server, PostgreSQL, Oracle, Interbase, etc.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Us

Recent Posts

LightBlog

BTemplates.com

Labels